7 Cara Anak Cepat Jalan dengan Stimulasi Terbaik

7 Cara Anak Cepat Jalan dengan Stimulasi Terbaik

Setiap anak memiliki waktunya sendiri yang penting masih di rentang fase anak seusianya. Lantas untuk mendukung pertumbuhan anak sesuai tahapannya membutuhkan stimulasi yang terbaik. Berikut ini cara anak cepat jalan yang bisa dilakukan agar anak bisa cepat berjalan dengan mudah di rumah saja.

1.   Ajarkan Berdiri Tanpa Bantuan

Tahapan belajar berdiri tentunya anak akan membutuhkan bantuanmu. Namun, secara bertahap coba ajarkan anak agar bisa berdiri tanpa bantuan. Perlahan mulai lepaskan tangan Anda saat anak sedang berdiri. Bisa dilakukan kurang dari lima menit sebagai percobaan. Jika anak terjatuh berikan ia semangat agar kembali berani berdiri.

2.   Gunakan Box

Box bisa menjadi media untuk anak belajar berjalan. Di mana box ada pelindungnya dan ada pagar untuk menjadi pegangan anak. Biarkan anak berkeliling box sekali pun terjatuh badan anak tidak akan terasa sakit. Anda bisa membiarkan anak bergerak bebas sekitar 30 menit saja untuk melatih keberanian dan kekuatan otot kaki anak.

3.   Gunakan Mainan Dorong

Stimulasi yang juga bisa diberikan dengan menggunakan mainan dorong. Mainan ini menjadi alat bantu untuk anak belajar jalan. Antusias anak untuk belajar menjadi lebih besar karena tertarik dengan mainannya.

4.   Latih Anak Menumpukan Berat Tubuh

Stimulasi yang bisa dilakukan agar anak cepat belajar jalan adalah melatih anak agar mampu menumpukkan berat tubuhnya pada kaki. Anda bisa melakukan latihan otot kaki anak dengan gym ringan di kakinya. Pijat pada bagian otot kaki juga akan sangat membantu sekali untuk menguatkan otot kaki anak agar bisa menumpukkan berat tubuhnya.

5.   Latihan Keseimbangan

Cara untuk melatih anak cepat berjalan juga bisa dilakukan dengan latihan keseimbangan. Cara melatih keseimbangan dengan memegang salah satu tangan anak saat sedang belajar berdiri. Lalu pindahkan tangan anak ke tembok atau apa saja yang bisa dipegangnya untuk latihan keseimbangan.

6.   Titah Anak saat Belajar Jalan

Stimulasi agar anak bisa cepat belajar jalan juga dapat dilakukan dengan titah. Pegang kedua tangan anaknya sambil mengajaknya melangkah pelan-pelan. Titah ini bisa dilakukan sejak anak memasuki usia 8 bulan atau disesuaikan dengan kekuatan kaki anak yang sudah mampu berdiri sendiri.

7.   Berikan Anak Kebebasan Bergerak

Jangan membatasi ruang gerak anak dengan terlalu sering menggendongnya supaya otot kakinya bisa lebih lincah bergerak. Anak yang aktif bergerak sangat membantu sekali untuk menguatkan postur tubuhnya.

Biarkan anak merangkak ke mana saja yang dia mau dan merambat ke mana saja. Ini bagus sekali untuk kemampuan berjalan anak agar semakin kuat otot kakinya untuk berjalan.

Cara anak cepat jalan bisa dicapai dengan melakukan stimulasi yang rutin dan tepat kepada anak. Berikan dukungan untuk setiap stimulasi yang dilakukan agar anak semakin semangat belajar jalannya. Jika anak mengalami masalah berjalan melewati batas usia normalnya segera lakukan pemeriksaan.