Kebutuhan Nutrisi Ideal yang Tepat bagi Anak

Kebutuhan Nutrisi Ideal yang Tepat bagi Anak

Nutrisi yang terkandung dalam susu antara lain kalsium & fosfor untuk pertumbuhan tulang, mineral, vitamin, zat besi, omega 3, dan lain sebagainya. Nutrisi tersebut sangat baik bagi pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak. Tentu kalian ingin anak sehat dan cerdas, bukan? Maka dari itu, pilihlah susu terbaik seperti produk susu Nestle.

Perihal nutrisi susu yang dikonsumsi oleh anak-anak, tahukah kalian bahwa ada kadar nutrisi yang perlu diperhatikan pada susu anak? Ini bisa dilihat pada tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ada pada kemasan susu. Lantas berapakah idealnya kadar nutrisi yang ada pada susu?

Dalam uraian di bawah ini akan dijelaskan secara garis besar kadar nutrisi yang ideal yang dikonsumsi oleh anak-anak.

Nutrisi yang Ideal Dikonsumsi oleh Anak-Anak

1. Kalori

Kalori sangat penting bagi tubuh. Kalori berperan dalam menghasilkan energi untuk aktivitas sehari-hari. Apabila tubuh kekurangan kalori, maka akan terasa lemas. Sebaliknya, jika kelebihan kalori akan menyebabkan penambahan berat badan. Jumlah kalori yang masuk ke tubuh haruslah cukup agar mendapatkan berat badan yang ideal.

Berapa sih jumlah kalori yang ideal bagi tubuh anak? Idealnya kalori harian yang dikonsumsi anak usia 6 hingga 9 tahun berkisar antara 1400 – 1650 kalori. Apabila  kalori harian anak telah tercukupi, maka sebaiknya kurangi konsumsi susu. Sebaliknya apabila anak memiliki berat badan yang kurang dan kurang aktif, perbanyaklah minum susu.

2. Lemak

Lemak adalah salah satu asupan yang penting bagi tubuh. Untuk anak usia 6-9 tahun, konsumsi lemak yang ideal yaitu sekitar 50 – 55 gram. Lemak dari susu adalah lemak hewani. Untuk anak yang kelebihan berat badan alangkah baiknya untuk memilih susu rendah lemak ataupun susu skim.

3. Protein

Protein sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. Seperti yang kita ketahui, protein berfungsi meregenerasi sel-sel atau bagian tubuh yang rusak, serta juga membentuk hormon dan enzim Protein juga berperan dalam pertumbuhan otot tubuh. Bagi anak usia 6 hingga 9 tahun, kebutuhan asupan protein harian berkisar antara 25 sampai 40 gram. Apabila anak kekurangan gizi dan pertumbuhannya terhambat, sebaiknya memilih susu yang tinggi protein.

4. Kalsium

Kalsium merupakan hal yang wajib pada susu. Kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan dalam pemadatan tulang, sehingga tulang akan lebih kuat. Ini akan mencegah anak dari risiko terkena osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. Adapun kebutuhan asupan kalsium pada anak usia 6 – 9 tahun yaitu sekitar 1000 mg atau 1 gram per hari.

Itulah penjelasan singkat mengenai, nutrisi susu dan takaran tepat untuk dikonsumsi anak per hari. Nutrisi tersebut dapat dipenuhi dengan makanan lain selain susu, tapi dengan meminum susu akan lebih mudah mendapatkan keempat nutrisi di atas sekaligus.