5 Tips Efektif Memulai Masa Pemberian MPASI

5 Tips Efektif Memulai Masa Pemberian MPASI

Anak Anda sudah memasuki usia 6 bulan dan dinilai ideal untuk memulai masa MPASI? Ini tentu menjadi sebuah kabar gembira dan membuat Anda sangat bersemangat untuk memperkenalkan berbagai jenis makanan kepada si kecil. Masa MPASI pertama anak harus dimulai dengan cara yang tepat agar selanjutnya juga berlangsung dengan lancar sesuai harapan.

Memulai MPASI

Pada dasarnya masa MPASI ini tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dilalui oleh orang tua ketika memberikan makanan padat kepada bayi. Apalagi jika ini adalah untuk pertama kalinya. Berikut adalah 5 tips efektif yang bisa diterapkan untuk memulai masa pemberian MPASI:

1. Biasakan Posisi Makan yang Benar

Agar masa pemberian MPASI ini bisa berjalan dengan lancar maka biasakan anak makan dalam posisi yang benar sedini mungkin. Posisi yang tepat saat makan adalah duduk tenang di kursi. Anda bisa menggunakan kursi makan khusus bayi atau jika tidak ada maka bayi bisa didudukkan di kursi biasa dengan pengaman yang ada. Intinya, biasakan bayi makan dalam posisi duduk bukan digendong.

2. Hindari Distraksi

Jangan memberikan distraksi apapun kepada anak ketika makan. Hindari gadget dan mainan ketika anak harus menghabiskan makanannya. Berbagai jenis distraksi bisa membuat anak tidak fokus makan. Ketika anak duduk tenang dan fokus pada makanannya maka akan lebih mudah bagi dia untuk menyantap makanan tersebut sampai habis.

3. Mulai Perlahan dan Jangan Memaksa

Usahakan untuk memulai pemberian makan ini secara perlahan. Jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Masa-masa pemberian MPASI pertama harus dilakukan dengan santai tanpa harus memburu anak. Jika dipaksa, anak justru akan merasa trauma dan akhirnya semakin susah makan. Maklumi saja jika anak hanya makan sedikit karena memang ini merupakan masa pengenalan.

4. Berikan Jeda dengan Waktu Menyusu

Jangan memberikan makan kepada anak dekat dengan waktu menyusu. Berikan jeda paling tidak selama 1-2 jam agar anak bisa lebih fokus makan. Jika waktu makan terlalu dekat dengan waktu menyusu maka anak biasanya tidak akan menghabiskan makanannya karena sudah merasa kenyang.

5. Buat Jadwal Menu

Terakhir, cobalah untuk membuat jadwal menu MPASI setiap hari. Ini juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Susunlah jadwal menu harian agar Anda tidak bingung harus menyajikan makanan apa untuk si kecil. Selain itu jadwal menu ini juga bisa menjadi panduan bagi Anda untuk memastikan kecukupan gizi dan melihat risiko alergi yang dimiliki oleh tubuh anak.

Masa pemberian MPASI pertama kali memang penuh tantangan. Setiap anak bisa saja memberikan respon yang berbeda. Pastikan untuk tetap sabar dan sajikan makanan kepada anak dengan cara yang tepat. Jangan pernah memaksa dan nikmati saja perjalanan MPASI ini dengan penuh rasa bahagia.